Ada Apa Di PNJ?


(Oleh Gusti Sania Nur F)
Politeknik Negeri Jakarta atau yang biasa disebut PNJ. Pasti udah ga asing lagi kan sama nama kampus ini?

Buat kalian yang baru/ingin jadi mahasiswa PNJ, biar kalian tambah tertarik dan yakin buat masuk kampus ini, aku punya beberapa fakta unik PNJ yang mungkin belum semua orang tau, loh. Penasaran? Yuk disimak!

Terletak didalam kampus UI

Ya, kalian gak salah baca. Kampus ini memang terletak didalam daerah kampus UI, bertetangga dengan SOR UI.

Pernah jadi bagian dari UI

Dulunya Politeknik Negeri Jakarta adalah bagian kampus vokasi yang dinaungi oleh UI. Ini alasannya kenapa kampus ini terletak di dalam wilayah kampus UI. Namun, pada tahun 1998, PNJ memutuskan untuk berdiri sendiri dan lepas dari naungan UI.

Jurusan dengan gedung tertinggi di PNJ

Di PNJ, ada jurusan dengan gedung tertinggi, yaitu jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan atau yang biasa disingkat TGP. Gedung TGP memiliki tinggi 4 lantai termasuk lobby. Sedangkan gedung jurusan lain hanya memiliki 3 lantai.

Jurusan Teknik mesin Pesawat di PNJ

Lagi-lagi, kalian gak salah baca. Iya, di kampus ini ada jurusan mengenai teknik mesin pesawat. Jurusan ini adalah hasil kerja sama antara PNJ dan Garuda Indonesia.

Kolam renang jadi kolam ikan

Kalian tau gak sih, kalau di PNJ ada kolam renang? Iya, kolam renang! Letaknya di dekat Kantin Teknik atau biasa disebut Kantek. Tapi, sekarang koam renang tersebut sudah tidak beroperasi lagi dan menjadi kolam pemancingan ikan para bapak-bapak yang kerja di sekitar kantek.

Foto: jurnal.pnj.ac.id

Nama singkatan dari 2 kantin

PNJ memiliki dua kantin. Kantin yang pertama terletak di tengah-tengah jurusan teknik, atau yang biasa disebut Kantin Teknik, disingkat Kantek. Kantin yang kedua terletak didekat Pusgiwa PNJ, di bagian bawah, karena itu kampus ini disebut Kantin Bawah, atau Kawah.

Sistem Pembelajaran yang Berbeda dengan Universitas atau Institusi Lainnya

Di Universitas, mahasiswa akan banyak mempelajari teori daripada praktek, mahasiswa juga dapatmemilih sendiri SKS dalam satu semester, tapi mahasiswa PNJ tidak bisa memilih sendiri SKS nya karena jadwal mata kuliahnya sudah diatur, tidak bisa ditambah atau dikurang. Selain itu, PNJ menerapkan 55% teori dan 45% praktek, agar mahasiswa siap untuk terjun ke dunia industri saat lulus.

Kompen Mahasiswa

Kalau di kampus lain mahasiswanya bisa titip absen buat bolos, disini gak bisa gais! Karena sistem absennya bukan tanda tangan, tapi panggil nama. Untuk mahasiswa yang tidak masuk, akan dikenakan kompen, yaitu denda yang harus dibayar oleh mahasiswa selama tidak masuk. Kalau tidak mau kena kompen, mahasiswa harus membuat surat bebas kompen. Berkat ini, mahasiswa diajarkan untuk bisa lebih menghargai waktu.

2 Kendaraan Menuju PNJ

Mengingat lokasinya ada di dalam wilayah kampus UI, jadi ada dua kendaraan kampus yang bisa mengantar kalian ke PNJ. Yang pertama adalah bis kuning (bikun) UI, dan yang kedua adalah bis politeknik (bipol). Bedanya, bikun hanya mengantar sampai jalan masuk dan mahasiswa masih harus jalan 400m kedalam kampus. Sedangkan bipol mengantar sampai dalam kampus, tapi jumlahnya terbatas. Jadi mahasiswa harus datang lebih pagi agar bisa naik bipol.

Spot Fotogenik

Walaupun wilayah kampusnya kecil, PNJ juga punya spot foto unik loh! Diantaranya landmark PNJ, dan halaman gedung jurusan Teknik Alat Berat. Kenapa gedung Teknik Alat Berat? Karena gedung ini didominasi warna kuning yang menarik mata, ditambah ada beberapa alat berat yang memang sengaja diparkirkan di halaman gedung tersebut. (Penulis merupakan seorang content writer media)

Foto: faktakampus.com

 

Komentar

Posting Komentar