5 Rekomendasi Anime Studio Ghibli

   Untuk para pecinta anime mungkin sudah tidak asing dengan nama "Studio Ghibli". Ya, karena film-film animasi yang dibuat oleh studio ini sangat bagus dan cukup terkenal, baik di kalangan para anime lovers, maupun film.

    Buat menemani masa-masa pandemi ini, biar gak bosan dirumah aja, saya bakal kasih beberapa rekomendasi film animasi dari Studio Ghibli yang sudah pernah saya tonton. Yuk disimak!


1. My Neighbor Tottoro

    Bercerita tentang kakak-beradik bernama Satsuki dan Mei yang pindah ke sebuah desa bersama ayahnya. Mereka tinggal di sebuah rumah tua yang "bertetangga" dengan pohon raksasa yang memiliki "penunggu" yang berwujud seperti hewan yang sangat besar, yang akhirnya mereka pun menjadi teman baik. Oh, ya. Latar tempat rumah Mei dan Satsuki ini diambil dari sebuah rumah di dunia nyata loh! Film ini direkomendasikan untuk ditonton, karena selain panorama yang digambarkan sangat memanjakan mata, ceritanya pun menarik, ditambah dengan karakter  Tottoro yang lucu.


2. The Cat Returns

    Kalau film animasi kedua ini, bercerita tentang seorang siswi bernama Haru yang menyelamatkan seekor kucing yang ternyata adalah seekor pangeran kucing dari tabrakan sebuah mobil yang melaju kencang. Hari-hari berikutnya ia diberi "hadiah" oleh para kucing, dan hendak diangkat menjadi permaisuri oleh sang raja kucing, tapi akhirnya ia diselamatkan oleh salah satu kucing pesulap bernama Baron, dan temannya. Film ini juga direkomendasikan untuk ditonton karena ceritanya unik dengan sedikit bumbu romance, dan pastinya para pecinta kucing akan sangat menyukai film animasi yang satu ini.


3. When Marnie Was There

    Film ketiga juga sangat menarik untuk ditonton dan memiliki plot twist yang mengharukan. Flm animasi ini menceritakan seorang anak bernama Anna yang pindah untuk sementara waktu ke sebuah daerah kecil bersama orangtua angkatnya, karena ia mengidap penyakit asma dan harus tinggal di wilayah dengan udara yang bersih. Setelah beberapa lama tinggal disana ia bermain ke sebuah danau yang memiliki bendungan, di bendungan tersebut terdapat sebuah rumah yang sepertinya sudah lama ditinggalkan. Saat ia mendatangi rumah tersebut, muncul seorang anak perempuan berambut pirang bernama Marnie. Mereka sering bermain bersama. Hingga akhirnya suatu hari, saat ia harus kembali ke daerah asalnya, sebuah rahasia mengharukan terungkap. Film ini memiliki pemandangan yang digambarkan dengan indah. Sama halnya dengan film My Neighbor Tottoro, latar tempat dari film ini juga terinspirasi dari dunia nyata, yaitu di lahan basah di daerah Kushiro, Jepang.


4. Ponyo

    Film ini bercerita tentang seorang penyihir bernama Fujimoto yang tinggal bersama anak perempuannya yang bernama Brunhilde atau sering dipanggil Ponyo, bersama dengan para saudarinya di dasar laut. Suatu hari, Ponyo berubah menjadi manusia dan pergi ke daratan, untuk bertemu seorang anak laki-laki bernama Sousuke. Film animasi ini selain menyuguhkan karakter utamanya yang lucu dan menggemaskan, cerita petualangan dari Ponyo dan Sousuke pun sangat menarik untuk disimak. Menurut saya pribadi, film ini jauh dari kata membosankan, karena cerita dan karakter yang digambarkan pun unik. Kisah romantis antara dua karakter utamanya pun terkesan lucu dan menggemaskan. Latar tempat dari film animasi inipun terinspirasi dari dunia nyata, loh! Yaitu di Tomonoura, Jepang.


5. From Up On Poppy Hill

    Berkisah seorang anak perempuan bernama Umi yang tinggal di sebuah mess perumahan bersama 2 adik perempuan dan neneknya. Dimana setiap pagi, Umi selalu mengibarkan bendera yang memiliki arti "saya berdoa demi pelayaran yang selamat". Suatu hari, beredar sebuah puisi tentang bendera yang dikibarkan oleh Umi di koran sekolahannya. Yang menulisnya adalah salah satu anak laki-laki disekolahnya bernama Shun. Awalnya, ia dan Shun tidak berteman dengan baik, tapi itu tidak lama. Sampai suatu hari Umi memperlihatkan foto dari 3 pelaut yang dimana salah satu dari mereka adalah ayah dari Umi, Shun pun terkejut dan menunjukkan foto yang sama. Lalu mereka mencaritahu sebenarnya siapa ayah dari Shun dan Umi. Film ini berlatar pada tahun 1980. Rumah dari Umi juga terinspirasi dari salah satu rumah di daerah Yamate, Yokohama. Film ini menjadi rekomendasi karena selain kisahnya yang bagus, ada juga sedikit bumbu romance anak sekolahan, tapi tidak terlalu ditampilkan. Dan seperti film-film Ghibli yang lain, latar pemandangan pada film ini juga digambarkan dengan bagus dan memanjakan mata yang menonton.



    Itu tadi 5 rekomendasi film animasi Studio Ghibli yang wajib kalian tonton. Tapi, menurut saya, semua film dari rumah produksi ini sangat bagus. Dari segi cerita, animasi, hingga penokohannya. Film-film Ghibli yang lumayan terkenal dan cukup direkomendasikan untuk ditonton selain 5 film diatas, ada Laputa: Castle In The Sky, Howl's Moving Castle, Spirited Away, Graveyard of Fireflies, Kiki's Delivery Service, Princess Mononoke, dan masih banyak lagi. Intinya, semua film dari Studio Ghibli ini wajib kalian tonton untuk mengisi waktu senggang selama berada di rumah. Selamat menonton! (GSNF)

Komentar

  1. Wahh rekomend bnget nih film-film animenya. Kayanya seru deh,,,

    BalasHapus
  2. Makasih infonya. Kayaknya harus nyoba nonton film ini deh

    BalasHapus
  3. Aaaa bisa aku rekomendasikan ke adeku nih!!!

    BalasHapus
  4. Aku sukaa bgt sama tottoro gemes bgt

    BalasHapus
  5. Fix otw nonton When Marnie was There, dari sekian banyak anime buatan Studio Ghibli tinggal itu doang sama The Cat Returns yang belom ditonton :')

    BalasHapus

Posting Komentar